Ini, Langkah Kemenkumham Banten Atasi Rutan dan Lapas yang ‘Overload’

by -193 views
Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Banten, Imam Suyudi.

SERANG, (BN) – Menyikapi kapasitas rutan dan lapas di Banten yang overload, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Banten, Imam Suyudi mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk meminimalisir jumlah narapidana yang tidak sesuai dengan kapasitas rutan/lapas tersebut.

Untuk distribusi warga binaan, kata dia, sampai bulan Juni ini distribusi yang sudah dilakukan hampir 900 lebih.

“Yang terdistribusi ke tempat lingkungan kami sudah 900, dan yang keluar ada 30 lebih,” kata Imam setelah Cofee Morning di Kantor Kanwil Kemenkumham Banten, Senin (17/6/2019).

Langkah kedua, lanjut Imam, pihaknya telah melakukan upaya peningkatan kegiatan terhadap warga binaan di seluruh rutan/ lapas di Banten.

Sebab menurutnya, meski kapasitas tersebut overload, pihaknya harus tetap memberikan pembinaan.

“Yang ketiga, kegiatan dalam rangka proses integrasi, supaya remisi dipercepat, melalui kegiatan remisi, agar proses reintegrasi sosial cepat terlaksana,” jelasnya.

Ia menegaskan, selain ketiga langkah tersebut, pihaknya juga telah melakukan upaya penjagaan kesehatan terhadap warga binaan di seluruh rutan/lapas di Wilayah Banten.

“Terakhir, menjaga keamanan agar situasi lapas tetap aman, komunikasi antara warga binaan dengan petugas dan seluruh warga yang bersangkutan harus tetap terjaga,” pungkasnya.

One thought on “Ini, Langkah Kemenkumham Banten Atasi Rutan dan Lapas yang ‘Overload’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.