Hari Pahlawan, PMII Cilegon Adakan Kuliah Umum

by -160 views

CILEGON, (BN) – Mengisi hari pahlawan tahun 2019, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Cilegon, adakan kuliah Umum Hari Pahlawan Nasional 2019 dengan tema ‘Refleksi Semangat Pahlawan Dalam Meningkatkan Nasionalisme Generasi Muda’, di aula Kodim 0623/Cilegon.

Kegiatan dengan tujuan merefleksikan semangat pahlawan dalam meningkatkan Nasionalisme kepada generasi muda tersebut merupakan kegiatan PMII Cabang Kota Cilegon yang bekerja sama dengan Kodim 0623/Cilegon.

Beberapa narasumber hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Dandim 0623/Cilegon Letkol Arm. Rico Ricardo Sirait B.S.MM. DS, Dr. Rahayu Permana M.Hum (Dosen Sejarah), serta perwakilan dari Polres Cilegon.

Sebanyak 60 peserta menghadiri kegiatan.

Turut hadir tamu undangan dari Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Cilegon, dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Cilegon.

Dalam sambutannya Edi Djunaidi Ketua Cabang PMII Kota Cilegon menyampaikan, jika generasi muda harus menjadi pahlawan masa kini dengan memanfaatkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya untuk menjadikan bangsa Indonesia lebih baik.

“Sebagai generasi muda yang akan meneruskan cita-cita besar Bangsa ini, tentu setiap pribadi memiliki kemampuan dan potensi untuk bagaimana menjadikan bangsa ini lebih baik,” kata Edi Djunaidi dalam sambutannya, Minggu (10/11/2019).

Selama kegiatan berlangsung, peserta terlihat sangat antusias dalam menyerap materi yang disampaikan oleh Narasumber.

Dosen Sejarah Dr. Rahayu Permana M.Hum selaku narasumber menyampaikan, gelar pahlawan Nasional bukan hanya dijadikan kebanggaan semata atau bahkan hanya dijadikan sebagai monumen saja.

Akan tetapi, lanjutnya, harus dijadikan sebagai cerminan bagi generasi saat ini.

Misalnya, masih kata Rahayu, ketika mahasiswa sudah lulus dan terjun di masyarakat, bisa menjadi pahlawan bagi masyarakat sekitar apabila mampu mendorong peradaban dan kemajuan.

“Masyarakat Cilegon patut berbangga akan disematkannya gelar Pahlawan Nasional kepada Brigjend. KH. Syam’un. Meskipun dengan proses yang cukup panjang dan bukan hal yang mudah karena perlu pembuktian melalui arsip-arsip sejarah dan lain-lain,” jelasnya.

Pada kesempatan selanjutnya, Dandim 0623 Cilegon berkesempatan untuk memaparkan mengenai keberagaman dan potensi sumber daya yang ada di Indonesia.

“Dalam meningkatkan rasa Nasionalisme diperlukan wawasan kebangsaan yang luas. Wawasan atau cara pandang yang positif akan memajukan bangsa ini minimal untuk diri pribadi agar terus optimis,” ungkapnya.

Dandim 0623/Cilegon juga menghimbau kepada Masyarakat, agar jangan sampai terpecah belah dengan adanya upaya mengkotak-kotakan elemen masyarakat terutama di Kota Cilegon.

Usai kegiatan kuliah umum, para peserta yang hadir bersama-sama mengikuti peresmian monumen Geger Cilegon di lingkungan Kodim 0623/Cilegon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.