Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Pengamat: Butuh Waktu Lama

by -56 views
Aktivitas Gunung Anak Krakatau Lampung1

PANDEGLANG, (BN) – Berdasarkan laporan dari Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau Lampung Andi Suandi mengenai Gunung Anak Krakatau (GAK), yang kembali mengalami erupsi pada, Minggu (29/12/19), membuat masyarakat khususnya di pesisir Banten dan Lampung, resah.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Vulkanologi Banten sekaligus Pemandu Wisata asal Carita, Roman RJR, ikut membenarkan adanya informasi yang disampaikan Pos Pemantau GAK Lampung.

Namun menurutnya, hal itu merupakan aktifitas biasa dari GAK.

Baca Juga: Sanggar Wuni Kreasi Tampil Memukau di HUT Krakatau Posco

“Erupsi memang ada di report oleh PGA. Tapi ini biasa terjadi. Untuk masyarakat yang faham dan sudah biasa ini tidak masalah, tapi buat yang awam ini hal menakutkan tentunya,” ungkap Roman saat dikonfrimasi awak media, Senin (30/12/19).

Justru menurut Roman, ditengah kondisi masyarakat yang masih trauma dan kerap menelan mentah-mentah info yang didapat seperti saat ini, adanya laporan dari Pos Pemantau GAK seolah menjadi momok buruk bagi sektor pariwisata di libur akhir tahun, khususnya di wilayah Pandeglang yang terbilang masih sepi pengunjung.

“Kalau menurut saya, karena Gunung Anak Krakatau sudah kolaps atau longsor (pada tahun 2018) dan kawahnya pun sudah sejajar dengan permukaan laut. Tentunya tidak memungkinkan ada kejadian serupa (Tsunami),” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *