Giat DPD KNPI Kabupaten Tangerang Demi Pemuda Berkualitas dan Berdaya Saing

by -59 views

TIGARAKSA, (BN) – DPD KNPI Kabupaten Tangerang, laksanakan kegiatan pendidikan keterampilan dan pembentukan karakter pemuda dengan metode ‘Hard Skill dan Soft Skill’. Kegiatan dimaksudkam untuk peningkatan pemuda yang berkualitas diri serta berdaya saing, untuk pembangunan nasional.

Adang Akbarudin Ketua DPD KNPI Kabupaten Tangerang mengatakan, peningkatan kualitas pemuda harus dilakukan dari berbagai sisi. Baik dari sisi pendidikan, keterampilan, maupun karakter.

“Selain dari pendidikan akademis dan non akdemis, pemuda pun harus diberikan keterampilan memalui Balai Latihan Kerja (BLK) atau dari pelatihan yang sudah diselenggarakan oleh badan ataupun dinas,” terangnya.

Adang menegaskan, untuk pembentukan karakter pemuda menuju Pemuda Tangerang Gemilang perlu adanya pendidikan karakter.

“Pemebentukan karakter pemuda bisa denganmemberikan pelatihan dasar ‘soft skill’ seperti komunikasi, team work dan leadership. Juga memberikan pelatihan hard skill seperti administrasi dan komputer IT,” imbuhnya.

Harapannya, dengan kemampuan dasar tersebut dapat membantu pemuda dalam pekerjaannya ke depan. Juga membangun ekonomi dan kemajuan bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Tangerang.

Sementara Sekjen KNPI Kabupaten Tangerang Darma Hermawan menyatakan, pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam berbagai aspek pembangunan nasional.

“Kita harus berperan aktif dalam masyarakat. Karena selain kita sebagai kekuatan moral, kitapun control social setiap ada pembangunan. Baik fisik maupun non fisik. Hal itu guna perubahan dalam berbagai pembangunan nasional,” tandasnya.

Pria alumni dari FISIP UMT ini menambahkan, peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral, dapat diwujudkan dengan menumbuhkan aspek etika dan moralitas dalam bertindak pada setiap kehidupan kepemudaan. Memperkuat keimanan dan ketaqwaan, serta ketahanan mental spiritual, dan meningkatkan kesadaran hukum.

“Kami bersinergi dengan berbagai stake holder juga swasta. Demi menjadikan pemuda sebagai individu, yang bila dilihat secara fisik, tengah mengalami perkembangan. Dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, agar terarah dan tercapai angan dan cita-citanya,” jelasnya.

Diungkapkanya, beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan DPD KNPI Kabupaten Tangerang, hingga bulan Oktober 2019 diantaranya, Seminar Kota Layak Pemuda di Hotel Yasmin (14/10/19), Kemah Bhakti Pemuda di Kecamatan Tigaraksa (26-28/10/19), Pelatihan Tata rias dan Tata Boga (27/10/19) di Hotel Ara gading Serpong serta upacara HUT Sumpah Pemuda di lapangan Maulana Yuda Negara Tigaraksa, di Hari Sumpah Pemuda ke-91.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *