Gempa Tidak Berpotensi Tsunami, Kabidhumas Polda Banten Himbau Warga Tetap Tenang

by -112 views

SERANG, (BN) – Gempa berkekuatan 5.2 skala richter yang dirasakan masyarakat Banten, Minggu, (27/7/19), sekitar pukul 21.25 WIB, yang berjarak sekitar 10 kilometer bawah laut mengguncang Banten, tidak berpotensi Tsunami.

Polda Banten dan Polres Lebak bersama BMKG, TNI dan instansi terkait lainnya sampai saat ini terus memantau perkembangannya. Menurut data yang diperoleh, gempa terjadi pada Minggu (28/7) malam pukul 21.25 Wib ini tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami.

Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi P menyatakan, hal tersebut berdasarkan data BMKG serta Laporan tinjauan langsung Kapolsek dan Kapolres Lebak.
Kabid Humas, menghimbau masyarakat khususnya warga Banten yang daerahnya dekat dengan lokasi pusat gempa agar tetap tenang, monitor dan tetap waspada.

“Menurut sumber data yang dapat dipertanggungjawabkan, diantaranya BMKG dan BNPB. Gempa tidak berpotensi tsunami. Untuk itu kami himbau warga tetap tenang,” kata Kabidhumas Polda Banten, Senin, (28/7/19).

Menurut keterangan tertulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa ini berada di 7,42 Lintang Selatan,106.03 Bujur Timur atau berjarak 59 km barat daya Bayah, Banten, di bawah kedalaman 10 Km bawah laut.

Gempa yang terasa hingga wilayah Jakarta, Sukabumi, Depok dan Bogor ini dirasakan selama kurang lebih sekitar 10 detik.

Dengan kejadian tersebut Kombes Pol Edy Sumardi menegaskan, agar masyarakat khususnya warga Banten untuk mudah terpengaruh akan adanya potensi tsunami dan gempa susulan.

“Warga dihimbau untuk tidak panik juga mudah terpengaruh dengan pemberitaan di media sosial, terutama terhadap isu-isu yang belum pasti. Cari sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan,” imbaunya.

Menurutnya, Kapolda Banten, Irjend Pol Tomsi Tohir, telah menyiagakan satuan kerja jajaran nya untuk mengantisipasi. Yakni dengan kesiapan Personil Brimob, Ditpamobvit, Ditsamapta, Ditpolair dan Polres Lebak, sebagai wujud kesiapan Komando dan ketanggap segerakan, dengan selalu berkordinasi dengan TNI, BMKG dan Instansi lain.

Hingga saat ini, dilaporkan, warga sekitar pesisir Bayah Kabupaten Lebak tetap beraktifitas seperti biasa dan normal. Tidak ada kerusakan dari kejadian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.