Gempa Bumi Mengguncang Lebak, Berpotensi Terjadi Gempa Susulan

by -201 views
Gempa Bumi Mengguncang Lebak, Berpotensi Terjadi Gempa Susulan

BANTENNOW.COM, LEBAK  – Gempa bumi mengguncang Kecamatan Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, 7 Juli 2020 pukul 11.44. Dilansir dari warning.bmkg.go.id, titik pusat gempa bumi 5,4 magnitudo ini berada 18 km barat daya Rangkas Bitung.

Dampak gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami. Namun saran BMKG agar masyarakat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Selain Lebak, gempa juga mengguncang wilayah Jawa, Bali, dan Lombok.

Pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54.44 WIB, wilayah Laut Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,1.

Episenter gempa terletak pada koordinat 5.77 LS dan 110.64 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut Jawa pada jarak 85 km arah utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah, pada kedalaman 539 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dalam akibat adanya deformasi atau penyesaran pada lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.