Dua Sekolah di Kabupaten Tangerang Raih Adiwiyata Nasional

by -47 views

TIGARAKSA, (BN) – Dua Sekolah di Kabupatem Tangerang, terima penghargaan Adiwiyata Nasional dan satu Adiwiyata Mandiri, tahun 2019, Jumat, (17/1/20).

Sekda Kabupaten Tangerang, M. Maesyal Rasyied menyatakan, tidak mudah untuk mencapai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi. Karena diperlukan komitmen yang tinggi dari kepala sekolah, serta dukungan semua dalam menjalankan aktivitas perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

“Sengan diraihnya penghargaan Adiwiyata nasional dan mandiri ini, membuktikan sekolah-sekolah di Kabupaten Tangerang sangat peduli akan lingkungan, ini sangat membanggakan,” tukasnya.

Sekda menyatakan, persoalan lingkungan bukanlah masalah yang ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup semata, melainkan problem bersama yang harus ditangani secara lintas sektoral oleh seluruh stakeholder. Pelestarian lingkungan memerlukan pendekatan komprehensif yang mengintegrasikan seluruh aspek.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 2 Curug, Cucu Rahayu mengatakan, sekolah yang dipimpinnya telah lolos sebagai sekolah adiwiyata tingkat Nasional. Penghargaan Adiwiyata yang diterima adalah yang pertama bagi sekolahnya dan di Kabupaten Tangerang sendiri masih jarang yang mendapatkan Adiwiyata tingkat nasional.

“Saya masih punya keinginan dan berobsesi untuk ke Adiwiyata Mandiri nasional karena itu tingkatannya lebih tinggi lagi, dan itu akan kami kejar,” akunya.

Cucu selalu menekankan, kepada anak didiknya, bahwa tujuannya bukan meraih juara dan meraih penghargaan semata, tujuan utamanya adalah untuk pembiasaan dan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Karena piagam atau piala bukan tujuan utama kami itu hanya bonus.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Tangerang memiliki program kurasaki dan GSM. Itu adalah merupakan modal dan pondasi awal bagi kami. Sehingga bisa meraih predikat Adiwiyata Karena tanpa kurasaki itu akan sangat sulit meraih adiwiyata,” ungkap Cucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *