DPRD dan Pemkab Tangerang Setujui APBD Perubahan 2021

by -67 views
rapat paripurna

BANTENNOW.COM, TIGARAKSA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang laksanakan rapat paripurna dengan agenda persetujuan bersama antara pimpinan DPRD dan Bupati Tangerang terhadap Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, Kamis (30/9/21).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Khalid Ismail. Dihadiri pula Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, unsur pimpinan berserta anggota DPRD, perwakilan Unsur Forkopimda, OPD dan ormas baik secara langsung maupun daring zoom meeting.

Secara keseluruhan, semua fraksi menerima dan menyetujui Raperda Perubahan APBD 2021. Adapun hal-hal yang lain yang disampaikan dalam sesi pandangan fraksi adalah percepatan program vaksinasi, pembelajaran tatap muka dan prioritas pembangunan sekolah, khususnya SMP 5 Curug dan SMP 7 Pasarkemis.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wakil Bupati Tangerang menyebutkan bahwa, ada hal-hal pokok dan strategis yang menjadi prioritas utama dalam penyempurnaan Raperda Perubahan APBD 2021.

Pertama dari sisi PAD kususnya yang bersumber dari pajak daerah mengalami penurunan yang disebabkan oleh penetapan PPKM, UU Cipta Kerja, perubahan target deviden BUMD dan penurunan suku bunga deposito bank.

Kedua adalah dari sisi belanja daerah, belanja tidak terduga, bagi hasil kepada desa, efesiensi belanja pegawai serta belanja pengadaan tanah dilakukan rasionalisasi sesuai dengan menurunnya target pendapatan daerah.

Anggaran pendapatan daerah yang dianggarkan Rp5,64 triliun, setelah pembahasan berkurang 2,79% menjadi Rp5,48 triliun.

Anggaran belanja daerah yang dianggarkan Rp6,22 triliun setelah pembahasan menjadi Rp6,06 triliun dengan rincian belanja operasi yang dianggarkan sebesar Rp4,24 triliun setelah pembahasan bersama menjadi Rp4,17 triliun, belanja modal yang tadinya Rp1,15 triliun berkurang menjadi Rp1,14 triliun, belanja tidak terduga yang dianggarkan Rp136,61 miliar menjadi Rp83,72 miliar, belanja transfer yang dianggarkan Rp680,44 miliar menjadi Rp668,79 miliar atau berkurang 1,71%, penerimaan pembiayaan daerah tidak mengalami perubahan yaitu sebesar Rp580,49 miliar.

Raperda Perubahan APBD Tahun 2021 yang telah dibahas secara seksama dilandasi semangat kebersamaan dan totalitas pengabdian diharapkan dapat berjalan secara efektif, efisien dan akuntable dan berkualitas.

Sehingga dapat mendorong pelaksanaan program dan kegiatan dalam penyelenggaraaan pemerintah dan pembangunan daerah yang lebih baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan beserta seluruh anggota DPRD atas semangat kebersamaan dan totalitas yang telah dilakukan selama ini, yang pada akhirnya dapat dijadikan dasar untuk mencapai mufakat dalam menetapkan hasil akhir dari Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2021,” kata Mad Romli.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Khalid Ismail mengapresi kinerja bupati, wakil bupati dan seluruh jajarannya atas kerja keras dan usahanya dalam situasi pandemi.

Terkait persetujuan Raperda Perubahan APBD dikatakannya, pihaknya sudah membahas secara seksama. Sehingga penyempurnaan Raperda Perubahan APBD dapat diterima dan disetujui.

“Baik di DPRD maupun dengan jajaran OPD Pemkab Tangerang, pembahasan telah kita lakukan secara bersama-sama dan seksama. Ada beberapa yang harus kita refokusing. Kita coba memadukan antara pendapatan yang diterima dan pembelanjaan agar terjadi keseimbangan,” pungkasnya. (sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.