DKP Kota Tangerang Distribusikan 104.000 Benih Ikan Lele Secara Gratis Di 13 Kecamatan

by -67 views
benih ikan

BANTENNOW.COM, TANGERANG — Siap-siap, Kota Tangerang akan panen ikan lele di 13 Kecamatan secara serentak. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang telah mendistribusikan benih ikan gratis di 13 kecamatan. Pendistribusian, bukan hanya benih ikan lele, tetapi juga memfasilitasi pakan ternak secara gratis.

Kepala Bidang (Kabid) Pertaninan DKP Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto mengatakan, totalnya ada 104.000 benih lele yang disebar ke seluruh wilayah kota berjuluk Akhlaqul Kharimah. Kurang lebih, setiap kelurahan menerima 1.000 benih ikan.

“Untuk pengelolaan lele tersebut, akan diserahkan kepada para pengelola demplot. Para pengelola demplot perikanan adalah warga masyarakat. Seperti pengurus RT, RW, kelompok wanita tani, karang taruna atau pembudidaya ikan yang diusulkan kelurahan setempat,” jelas Ibnu.

Kata Ibnu, bagi kampung tematik atau kelompok masyarakat yang berminat akan program ini. Bisa melakukan pengajuan melalui kelurahan dan kecamatan, yang nantinya akan disalurkan ke kelurahan setempat.

Setelah di kelurahan, nantinya akan ada tim yang menetapkan lokasi dimana lele tersebut dibesarkan.

“Bukan cuma sampai disitu, meskipun DKP Kota Tangerang telah mendistribusikan benih lele, bukan berarti lepas tanggung jawab. Pemerintah masih akan bertanggung jawab melalui pembinaan dan pengawasan. Yakni melalui para penyuluh perikanan untuk memastikan pemeliharaan berjalan dengan baik dan benar,” beber Ibnu.

Ia melanjutkan, nantinya untuk melihat keberhasilan pemeliharaan para warga, DKP akan mengadakan panen lele secara virtual. Tidak hanya di satu kecamatan. Tetapi panen virtual ini akan dihelat serentak se-Kota Tangerang.

“Saat ini masih proses pemeliharaan. Selama tiga bulan ke depan. Keberhasilannya adalah panen. Kita akan adakan panen lele secara virtual serentak se-Kota Tangerang,” terangnya.

Harapannya, dengan adanya pemberian bibit lele tersebut, perekonomian masyarakat Kota Tangerang bisa terbantu. Roda ekonomi ditengah pandemi covid-19 pun akan secara perlahan akan berputar, dan mensejahterakan masyarakat Kota Tangerang. Pungkasnya. (sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.