Ditegur Walikota Soal Lambatnya Koordinasi, Kadinkes Serang: Saya Konsisten

by -55 views

Dinilai lamban dalam memberikan informasi dan komunikasi kepada pimpinan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang M Ikbal, mendapat teguran dari Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 atau wabah virus Corona Syafrudin.

Teguran tersebut, diberikan langsung oleh Syafrudin (Walikota Serang), kepada Ikbal dalam rapat evaluasi tim gugus tugas penanganan percepatan Covid-19 Kota Serang.

“Jadi ada arahan pimpinan selama ini informasi dan komunikasi dirasa kurang cepat atau masih slow respon,” ungkap Juru Bicara (Jubir) gugus tugas penanganan percepatan Covid-19 Kota Serang Hari W Pamungkas, Selasa (14/4/2020).

Untuk itu, lanjut Hari, dalam rapat evaluasi yang digelar, seluruh pimpinan OPD diminta untuk berkoordinasi secara cepat apabila ditemukan atau ada kasus-kasus yang perlu dilakukan tracking.

“Yang paling utama adalah usaha prepentif dari gugus tugas kepada sasaran. Dimana sasaran ini semua masyarakat. Bagaimana untuk mendisiplinkan masyarakat terkait dengan mengikuti anjuran pemerintah, seperti PHBS, social distancing, fisikal distancing dan menggunakan masker setiap aktivitas. Itu yang harus diutamakan prepentifnya. Kalau kasus itu dari SOP sudah ada dan protokolnya sampai pemakaman jenazah,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Kota Serang M Ikbal tidak menampik adanya teguran dari Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terkait lambatnya koordinasi mengenai perkembangan yang terus berjalan.

Menurutnya, sejauh ini untuk koordinasi terkait perkembangan Covid-19 di Kota Cilegon sudah berjalan cukup baik.

“Ada sedikit miskomunikasi, sementara Banten sudah mengeluarkan (data terbaru) kita tidak dikasih informasi. Kalo saya konsisten dengan sumber data dan tidak akan meminta data dari manapun selain dari Dinkes Banten. Karena Dinkes Banten dapat langsung dari Litbangkes. Selama saya tidak mendapat informasi terkini dan lengkap dari Dinkes Banten, saya tidak akan merubah satu detik pun (data di situs info Corona Kota Serang). Saya konsisten. Makanya terjadi begini. Saya juga gak mau berandai-andai. Ini juga beresiko kalau salah,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.