Diskominfo Kabupaten Tangerang Adakan Bimtek Aplikasi Pengaduan ke OPD

by -59 views

TIGARAKSA, (BN) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kabupaten Tangerang, adakan Bimbingan Teknis (Bimtek), aplikasi pengaduan ‘Tangerang Gemilang’ dan ‘Simpatik’
(Sistem Informasi Manajemen Persuratan Elektronik). Bimtek diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, bertempat di ruang rapat Bola Sundul Gedung Usaha Daerah (GUD), Puspemkab Tangerang, Selasa (7/1/20).

Kadiskominfo Kabupaten Tangerang Tini Wartini menerangkan, kegiatan bertujuan agar setiap OPD harus cepat dan
tanggap dalam menangani pengaduan dari masyarakat. Ia berterima kasih dan mengapresiasi seluruh OPD yang sudah aktif dalam membangun media sosialnya.

“Masing-masing OPD menyiapkan operator untuk menjawab pengaduan dari masyarakat agar laporan cepat ditindaklanjuti. Respon harus cepat dan informatif. Bagi OPD yang sudah aktif dan berjalan Saya ucapkan terima kasih, mohon untuk dipertahankan. Bagi yang masih merah, laporan secara berkala senantiasa kami sampaikan kepada pimpinan,” kata Tini.

Tini melanjutkan, kegiatan merupakan pelatihan pertama aplikasi baru tentang pengaduan, sesuai instruksi Bupati Tangerang. Aplikasi berbasis Android yang diluncurkan oleh Bupati Tangerang pada malam puncak HUT ke-76 Kabupaten Tangerang di Tigaraksa tersebut, diunduh oleh masyarakat melalui alamat  gemilang.tangerangkab.go.id atau melalui Google Playstore dengan kata kunci, “Tangerang Gemilang”.

Tini menjelaskan, ada tiga kanal pengaduan Pemerintah Kabupaten Tangerang, yakni, media sosial resmi Pemerintah Kabupaten Tangerang beserta Organisasi Perangkat Daerah, lalu aplikasi berbasis Android “Tangerang Gemilang” dan Website / Aplikasi berbasis Android Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) lapor.go.id.

“Jadi sesuai Instruksi Bupati, kita sudah mengadakan pelatihan medsos di akhir Desember 2019. Dan kali ini aplikasi pengaduan berbasis Android Gemilang. Hal ini tentu melengkapi kanal-kanal pengaduan masyarakat yang harus direspon dengan cepat oleh Para OPD, termasuk SP4N-LAPOR dimana Kabupaten Tangerang sedang dijadikan proyek percontohan Nasional,” tuturnya.

Sedangkan mengenai aplikasi simpatik, Kepala Bidang Telematika, Bangbang Ismail menyampaikan, aplikasi simpatik sedang proses pembangunan dan sosialisasi untuk diterapkan di OPD.

“Aplikasi simpatik ini dibangun untuk manajemen persuratan elektronik. Gunanya untuk memudahkan distribusi dan disposisi persuratan di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang. Akan dikembangkan dengan implementasi tanda tangan elektronik yang sudah dikerjasamakan dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),”  ungkap Bangbang.

Bangbang optimis, program bisa berjalan dengan baik.

“Kami harap ini bisa mulai diterapkan secara bertahap. Dan akan terus ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan yang akan datang”, tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.