Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Peringati Hari Koperasi Ke 72 Dengan Bermacam Lomba

by -56 views

TANGERANG, (BN) – Dalam Rangka memperingati hari Koperasi yang ke 72, tahun 2019, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangerang, telah mengadakan berbagai macam lomba. Diantaranya ,cerdas cermat pengurus koperasi ,cerdas cermat koperasi SMA/SMK, koperasi berperetasi karyawan, koperasi berperastasi masyarakat, serta duta koperasi.

Abdul Kholil Kurniawan ,Kepala Bidang (Kabid) Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Kotq Tangerang mengatakan, data koperasi yang terdata ada 416 pada tahun 2019. Dari jumlah itu yang patuh melakukan rapat anggota tahunan, baru ada sekitar 82 koperasi.

“Hal ini harus kita dorong untuk tingkat kepatuhan rapat anggota koperasi,” ucapnya.

Dijelaskan, koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Pengurus koperasi dipilih dari kalangan dan oleh anggota dalam suatu rapat anggota,” terangnya.

“Oleh karena itu di hari koperasi, kami sudah mengundang beberapa siswa SMA maupun SMK, Se Kota Tangerang. Harapannya, agar murid bisa memaknai tentang manfaat dan tujuan hari koperasi,” jelasnya.

Tujuan peringatan hari koperasi dengan melibatkan pelajar SMA/SMK adalah, agar bisa menambah wawasan dari dunia perkoperasian. Juga agar pengetahuan bisa lebih ditingkatkan.

Ke depan koperasi nantinya diharapkan bisa lebih berkembang di masyarakat, khususnya masyarakat Kota Tangerang. Sehingga bukan saja, untuk kepentingan para siswa-siswi, tetapi juga bagaimana perkembangan koperasi, bisa melebar luas di kalangan masyarakat.

“Oleh karna itu menggambarkan manfaat koperasi kepada masyarakat luas sangat dibutuhkan. Sehingga apabila masyarakat telah ikut koperasi, akan merasakan dampaknya bagi perekonomian sendiri, daerah maupun perekonomian nasional,” tandasnya.

Disebutkan Kabid, koperasi sangat menjunjung tinggi prinsip dan nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi. Dengan harapan, selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global.

“Koperasi Indonesia berpegang teguh pada prinsip yang dijelaskan dalam UU no.25 tahun 1992. Prinsip ini digunakan untuk menciptakan nilai luhur dalam menjalankan sebuah koperasi, guna menciptakan keadilan bagi setiap anggotanya,” pungkasnya. (bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *