Buruh Tangerang Turun ke Jalan

by -76 views

TANGERANG, (BN) – Ratusan buruh Tangerang lakukan aksi unjuk rasa, Rabu, (21/8/19). Aksi buruh dika personil Polsek Batuceper, Polres Metro Tangerang Kota.

Sebanyak 122 personil diterjunkan menjaga penyampaian pendapat buruh tersebut.

Kapolsek Batuceper, Kompol Hidayat Iwan Irawan berpesan, agar peserta aksi tetap menjaga situasi Kamtibmas saat konvoi di perjalanan menuju Istana Negara.

Kasi Humas Bripka Eko Indri Yanto menjelaskan, situasi keberangkatan massa aksi dari beberapa titik aman dan kondusif.

“Sejauh ini tidak ada temuan massa buruh yang hendak melakukan sweeping ke perusahaan-perusahaan  yang tetap beroperasi pada hari ini,” ujar Eko, Rabu (21/8/19).

Korlap buruh Maman Nuriman mengatakan, aksi unjuk rasa ini adalah menuntut soal revisi undang-undang No.13/2003, tentang ketenagakerjaan. Aksi dilakukan karena hilangnya jaminan kepastian kerja seperti perjanjian system kerja kontrak, harian lepas, pemagangan, dan outsourcing (penghilangan kesempatan pekerja muda menjadi pekerja tetap).

Disebutkan, hak pesangon yang ada sekarang, dikeluhkan Apindo–Kadin terlalu besar dan membebani perusahaan. Hak mogok kerja dan ruang demokrasi buruh juga dipersempit.

“Kenaikan upah dan kesejahteraan kami dianggap terlalu besar. Dan point tuntutan yang terakhir adalah perubahan manfaat jaminan sosial atau asuransi yang merugikan kaum buruh,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.