BPBD Kota Tangerang Adakan Bimbingan Teknis Pelayanan Rehabilitas Psycho Sosial

by -548 Views

TANGERANG, (BN) – Antisipasi terjadinya bencana di wilayah Kota Tangerang, baik di musim kemarau maupun di musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, adakan Bimbingan Teknik (Bimtek), ‘Pelayanan Rehabilitas Psycho Sosial’.

Bimtek berlangsung selama tiga hari, tanggal 26-28 November 2019, dengan peserta dari masyarakat Kota Tangeranh, yang wilayahnya rawan terjadi bencana.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Irman Pujahendra menerangkan, dengan diadakan bimbingan teknik penanggulangan bencana bagi masyarakat, bertujuan agar masyarakat juga mampu mensosialisasikan kepada masyarakat itu sendiri. Terutama terkait bencana alam yang bisa saja datang tiba-tiba.

“Karena hal ini (bencana,red), kita semua tidak tahu terjadinya. Tetapi dengan adanya bintek ini mudah-mudahan, menjadi bekal buat masyadakat itu sendiri. Terutama bagi wilayahnya yang sering tertimpa bencana,” terangnya.

Irman melanjutkan, selain petugas BPBD, masyarakat juga harus tahu tugas dan fungsi adanya BPBD. Keberadaan BPBD adalah dalam rangka perumusan dan penetapan kebijakan penanggulangan bencana, serta penanganan pengungsi, secara cepat, tepat, efektif dan efisien.

Dan yang terpenting adalah pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh.

“Berharap dengan adanya bimtek terkait bencana ini, akan memberikan pelajaran yang efektif bagi masyarakat itu sendiri. Apabila hal ini tidak dilaksanakan, maka mayarakat tidak paham tentang bahaya dan penanggulangan bencana. Bagi masyarakat yang ikut bimtek ini, bisa menyampaikan ke masyarakat lainnya. Itu menandakan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (bn)

Cek berita yang lain di

No More Posts Available.

No more pages to load.