BKPSDM Kota Serang Berharap Rotasi dan Mutasi Transparan

by -117 views

SERANG, (BN) – Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, Ritadi B Muhsinun, menginginkan proses rotasi dan mutasi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) berjalan secara transparan.

Dikatakan Ritadi bahwa, selain transparan, pihaknya juga akan mengumumkan pemberitahuan adanya pelantikan ini di media massa.

“Kita harus cermati supaya tidak ada yang dobel, nonjob. Ketika semua sudah (selesai), saya ingin ada dulu tampil di media bahwa Kota Serang tanggal sekian akan mengadakan pelantikan,” kata Ritadi, Senin (16/9/2019).

Ia menuturkan, dalam pemberitahuan sebelum pelantikan akan diberitahukan jumlah pegawai yang akan dilantik dari eselon III dan IV hasil dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

“Nanti ketika sudah pelantikan ditayangkan kembali, itu menandakan bahwa Kota Serang sudah melaksanakan pelantikan,” katanya.

Menurutnya, transparansi itu untuk mengantisipasi adanya pegawai yang nonjob atau dobel jabatan seperti yang pernah terjadi pada rotasi dan mutasi pegawai di Pemkot Serang tempo lalu.

Sehingga, proses saat ini, tambahnya, akan dilaksanakan secara cermat.

“Yang lalu kan pernah terjadi, saya juga khawatir sehingga saya menghindari itu. Nantinya jadi cemoohan masyarakat,” tuturnya.

Kemudian, lebih jauh dirinya mengatakan, selain dari kebutuhan organisasi, proses rotasi mutasi juga sebagai bagian dari pengembangan karir pegawai.

Hal itu, kata dia, karena saat pegawai akan mengikuti seleksi terbuka (open bidding) jabatan untuk eselon II, maka akan ada penilaian rekam jejak.

“Misalkan saya pernah di Kecamatan Serang, Cipocok Jaya, Taktakan, Kabag Umum, Kabag Pemerintahan, tinggal di kalikan saja, berapa penilaiannya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *