Belum Punya BNNK, Pemkot Serang Tunggu Pusat

by -78 views

 

SERANG, (BN) – Pada tanggal 10 Agustus 2019 kemarin, Kota Serang genap memasuki usia yang ke-12 tahun.

Dimana dalam pembentukan Kota Serang, tidak lepas dari amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000, tentang pembentukan Provinsi Banten.

Dan hal tersebut secara sah dipertegas oleh UU No 32 Tahun 2007.

Namun, di usianya saat ini, sejumlah permasalahan seperti maraknya peredaran narkoba yang menjerat anak-anak hingga dewasa, masih menjadi PR besar bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk menyelamatkan anak bangsa dari jeratan narkoba.

Hal tersebut dikarenakan keberadan BNN yang menjadi salah satu pilar dalam upaya pemberantasan narkoba, hingga saat ini tidak terlihat keberadaannya di Kota Serang.

Keterbatasan anggaran menjadi alasan bagi Pemkot Serang, sehingga tidak bisa memiliki lembaga berupa Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Serang.

Sementara, Kota dan Kabupaten lain yang ada di Provinsi Banten sudah memilikinya, seperti Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Kota Serang merupakan Ibukota Provinsi Banten yang menjadi daerah urban dan transit lalu lalang orang.

Hal tersebut dapat menjadi sebuah kemungkinan, terjadinya peredaran narkoba di Kota Serang, dikarenakan ada beberapa jalur pelabuhan tidak resmi yang digunakan sebagai pintu masuknya narkoba di Kota Serang.

“Kota Serang ini adalah daerah kota transit dan lintas, ini juga kami khawatir merebaknya narkoba karena memang di sini ada pelabuhan-pelabuhan tidak resmi yang bisa saja menjadi pintu masuk narkoba,” ujar Syafrudin saat di wawancara, Rabu, (14/8/2019) kemarin.

Dikatakan Syafrudin, pihaknya bersedia menyiapkan lahan untuk BNN, sambil menunggu usulan dari BNN pusat.

“Belum ada BNN di Kota Serang ini, BNN itu adanya di Provinsi saja. Kami sebenarnya tergantung usulan dari BNN pusat. Kalau kami siap menyediakan untuk BNNK Serang. Karena lahan Pemkot Serang masih banyak yang kosong,” ungkapnya.

Syafrudin juga mengaku, koordinasi BNN pusat terkait pelaporan narkoba di Kota Serang tidak ada.

“Koordinasi laporan dengan BNN terkait maraknya narkoba di Kota Serang tidak ada. Hanya tindakan beberapa kali sudah ada, terutama pada peringatan hari narkoba saja,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.