Banjir Landa Empat Kecamatan di Cilegon

by -126 views

Hujan deras yang mengguyur Kota Cilegon sejak Senin (4/5/20) dini hari, menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Berdasarkan data dari BPBD Kota Cilegon, banjir sementara merendam empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Grogol, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Purwakarta, dan Kecamatan Citangkil.

Pantauan Bantensatu.co di salah satu titik banjir di Kecamatan Grogol, membuat Gerbang Tol Cilegon Barat lumpuh total dengan ketinggian air mencapai 40 hingga 100 sentimeter.

Atas kondisi tersebut, aktifitas di Gerbang Tol Cilegon Barat terpaksa ditutup.

“Sekitar jam setengah 12 air turun dari bukit dan mulai banjir. Tadi juga infonya ada yang longsor di Singkil, Gerem Atas. Dua mobil kebawa hanyut,” ungkap Arief, salah satu warga yang ditemui di lokasi.

Tak jauh dari Gerbang Tol Cilegon Barat, kawasan perumahan di komplek Puri Krakatau Hijau dan Arga Baja Pura juga ikut terendam banjir.

Kondisi serupa juga ditemui dihampir seluruh wilayah Kecamatan Grogol, mulai dari Kotasari, Gerem, Grogol, dan Rawa Arum.

Tidak jauh lebih baik dari Kecamatan Grogol, kondisi di Kecamatan Purwakarta juga terlihat cukup memprihatinkan.

Sejumlah akses jalan tak bisa di lalui, akibat banjir yang terjadi.

Bahkan salah satu kantor Kelurahan di Kecamatan ini, yakni Kelurahan Pabean ikut terendam.

Reza salah satu warga Lingkungan Penyairan, Kecamatan Purwakarta mengatakan, banjir yang melanda tempatnya baru kali ini terjadi.

“Baru kali ini banjir disini, kalaupun banjir biasanya gak naek sampe kesini. Masih jauh lah, ini mah parah. Barang-barang pada rusak dan yang paling fatal itu dokumen-dokumen kaya sertifikat dan akta udah gak jelas semua gak ada jejaknya. Ancur udah ancur,” tuturnya.

Air masuk hingga ke dalam RSUD Cilegon

Dari Kecamatan Jombang dikabarkan, selain merendam sejumlah kawasan perumahan, banjir juga masuk dan merendam sejumlah bangunan RSUD Cilegon.

Sementara itu, Kabid Logistik dan Kebencanaan BPBD Kota Cilegon Afu Mafruh ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini Tim Reaksi Cepat dan sejumlah relawan sudah berada di lapangan dan tersebar di beberapa titik banjir.

“Tim sudah ke lokasi titik-titik banjir. Ada beberapa tim yang menyebar sekaligus melakukan assessment. Mungkin nanti data dapat diperoleh sore, karena situasi banjir dalam laporan singkat belum ada yang surut,” tandasnya.

Berdasarkan rilis yang diterima Bantensatu.co, sejauh ini jajaran Forkopimda Kota Cilegon diantaranya, Wali Kota Cilegon, Drs. H. Edi Ariadi, M.Si, Wakil Wali Kota Cilegon, Dra. Hj. Ratu Ati Marliati, M.M., beserta Kapolres Cilegon, Dandim 0623 Cilegon, Ketua DPRD Kota Cilegon, dan Kepala BPBD Kota Cilegon, telah meninjau ke beberapa lokasi banjir.

Adapun beberapa titik yang dipantau adalah di daerah Kelurahan Kota Sari (Gerbang Tol Cilegon Barat), Kelurahan Grogol (Komplek Arga Baja), Kelurahan Panggungrawi (Komplek Metro Cilegon).

“Hingga saat ini masih ada beberapa pemukiman yang terendam, namun BPBD Kota Cilegon serta BASARNAS sudah menurunkan perahu karet untuk membantu evakuasi warga. Selain itu, Polres Cilegon dan Kodim 0623 Cilegon sedang menyiapkan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak banjir,” tulis rilis yang dikeluarkan oleh Diskominfo Cilegon.

2 thoughts on “Banjir Landa Empat Kecamatan di Cilegon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.