290 Warga Cibadak Terima BLT Dana Desa Rp 600 Ribu

by -198 views

BANTENNOW.COM, CIKUPA – Sebanyak 290 Kepala Keluarga (KK) di Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp 600 ribu.

Menurut Kepala Desa Cibadak Adi Sopian,  Pemerintah Pusat dan Kementerian Desa telah membuat skema pengalihan sebagian Dana Desa untuk membantu warga terdampak Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Kementerian Desa, teman-teman kepala desa, camat, dan  dinas terkait yang lembur beberapa hari ini menuntaskan pendataan, sehingga BLT bisa cair sejak kemarin,” ungkap Adi, Minggu (7/6/2020).

Dia menjelaskan, penerima BLT Dana Desa sebanyak 145, dan sumber PBH 145. Dengan demikian total bantuan kepada warganya yang terdampak pandemi Covid-19 itu sebanyak 290 KK.

“Setiap KK mendapat Rp 600.000 per bulanselama tiga bulan.
Sasaran utama penerima BLT adalah warga miskin yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan warga non-DTKS terdampak Covid-19. Mereka diantaranya orang yang kehilangan mata pencaharian akibat covid-19,” paparnya.

Selain BLT Dana Desa, warga juga mendapatkan skema bantuan lain berupa Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai, BLT Kemensos, dan program bantuan provinsi serta bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Sebagian sudah ada yang cair cair. Sembako juga sudah dibagikan. Sisanya menunggu Bantuan Provinsi (Banprov). Gugus Tugas Covid-19 Desa Cibadak dan Kecamatan Cikupa  juga menyalurkan bantuan seperti sembako dan masker,” ucapnya.

Rustam, warga Kampung Pasir Kalong, mengucapkan terimaksih kepada pemerintah karena BLT sangat berguna baginya. “Alhamdulillah. Semoga bantuan dari pemerintah seperti ini terus diberikan kepada warga yang kurang mampu,” katanya

Pembagian BLT tersebut tidak meninggalkan protokol kesehatan standar Covid-19, seperti tes suhu badan, penyemprotan disinfektan, mencuci tangan menggunakan hand sanitazer,  menggunakan masker dan menjaga jarak aman dua meter. (bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.